Sunday, May 19, 2013

Hari Ini Presiden Tunjuk Chatib Basri Jadi Menkeu

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan menunjuk Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Chatib Basri sebagai menteri keuangan (menkeu) yang baru, menggantikan Agus Martowardojo.
 
Sumber Suara Pembaruan di Istana mengungkapkan, keputusan Presiden SBY mengenai menkeu yang baru tersebut diumumkan hari ini, Senin (20/5).

Secara terpisah, Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha memastikan, pelantikan menkeu yang baru akan dilakukan pekan ini. Sebab, pada Senin (27/5) hingga Jumat (31/5), Presiden akan melawat ke Amerika Serikat dan Swiss. “Pelantikan menkeu yang baru tidak hari, tetapi dipastikan pekan ini,” ujar Julian, Senin (20/5) pagi.

Isyarat bahwa Chatib bakal menjadi menkeu, sebelumnya juga dinyatakan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Hatta menyebutkan menkeu yang baru bukan figur yang berlatar belakang partai politik (parpol), paham investasi, dan berada di lingkaran Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II.

Chatib Basri bakal menggantikan Agus Martowardojo, yang terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Agus sendiri menurut rencana dilantik pekan ini menggantikan Darmin Nasution yang habis masa jabatannya pada 22 Mei.

Chatib menjabat Kepala BKPM sejak 14 Juni 2012 menggantikan Gita Wirjawan yang ditunjuk menjadi menteri perdagangan. Sebelum menjabat kepala BKPM, Chatib menjabat wakil ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Pria kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1965 tersebut menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1992. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya di Australia National University, dan mendapatkan gelar Master of Economic Development pada tahun 1996. Lima tahun kemudian, meraih gelar PhD dalam bidang ekonomi dari universitas yang sama.

Setelah memperoleh gelar sarjana, Chatib bekerja sebagai peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FE UI, dan menjadi dosen di almamaternya. Sejak tahun 2005, Chatib telah bertugas sebagai anggota Advisory Team to the Indonesian National Team on International Trade Negotiation.
Chatib juga ditunjuk sebagai konsultan di berbagai lembaga internasional seperti Bank Dunia, USIAD, AUSAID, OECD, UNCTAD, Bank Pembangunan Asia, serta menjadi anggota Asia and Pacific Regional Advisory Group dari IMF. Selain itu, Chatib Basri juga pernah dipercaya menjadi anggota dewan komisaris di sejumlah perusahaan publik, seperti PT Astra International, PT Indika Energy, dan Axiata Group Bhd asal Malaysia.

Sumber: beritasatu.com

No comments:

Post a Comment