Friday, December 4, 2015

Darmin Minta Ditjen Pajak Perbaiki Data

Jakarta -Realisasi penerimaan pajak di 2015 diperkirakan tidak akan mencapai target Rp 1.294 triliun. Dari target sebesar itu diperkirakan hanya tercapai sekitar 80%-82% saja.

Sementara itu, pemerintah tetap menaikkan target pajak tahun depan sebesar Rp 1.350 triliun. Menghadapi target pajak yang tinggi ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta agar data Wajib Pajak (WP) bisa diperbaiki.

Sehingga, para petugas pajak bisa memetakan potensi penerimaan secara lebih komperhensif dan kemudian menarik‎nya.

"Tentu saja harus ada perbaikan pajak dalam sistem informasi, metode pengumpulan data," ujarnya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/12/2015)

Dengan format tersebut, menurutnya banyak peluang‎ untuk bisa menarik pajak lebih besar. Ini juga yang terus menjadi kelemahan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), bahkan saat Darmin menjadi pemimpinnya.

"Kalau data dunia usaha dan pemilik uang tidak dikumpulkan dengan baik, dia tidak bayar juga dengan baik," sebut Darmin.

Darmin menambahkan, perlu dilihat kondisi perekonomian pada kuartal pertama berkaitan dengan target setoran pajak tahun depan. Menurutnya, jika masih dalam situasi yang tidak baik, maka seharusnya target pajak direvisi.

"Ke depan mestinya kita bikin target lebih begitu lah. Momentumnya harus dilihat. Tapi arahnya lebih kurang begitu," pungkasnya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment