Thursday, September 16, 2010

Insentif pajak & fiskal bagi investor asing dikaji

JAKARTA: Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pihaknya dengan kementerian terkait tengah mengkaji insentif pajak dan fiskal guna menarik minat investor asing sehingga berkenan merealisasikan niatnya menanamkan dananya di dalam negeri.

Menkeu mengatakan saat ini identifikasi dalam bentuk presentasi BKPM dan Kementerian Perindustrian yang telah menyampaikan tentang jenis fasilitas fiskal apa diharapkan diberikan oleh pemerintah guna menarik investor.

"Kami sekarang di level teknis memang sedang mendengarkan, mendiskusikan, dan setelah siap kami akan respons," kata Agus menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden hari ini.

Dia mengatakan pihaknya juga mesti mempertimbangkannya agar bisa sejalan dengan peraturan pemerintah serta undang undang yang telah ada.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan sebelumnya mengatakan ada investor yang menyatakan keberatannya soal perpajakan, salah satunya menyoroti soal tax holiday adalah Caterpillar yang berniat membangun manufaktur di wilayah Jawa.

Caterpillar adalah produsen alat berat asal AS. Pabrik Caterpillar yang didirikan 1982 saat ini berkapasitas 120 unit per bulan dan memproduksi produk alat berat seperti ekskavator dan buldoser.

Sumber: bisnis.com

No comments:

Post a Comment