Thursday, October 27, 2011

7 Strategi Kemenkeu Penuhi Target Pajak 2012

Pemerintah menyadari target penerimaan perpajakan tahun 2012 terhambat oleh banyaknya berbagai kendala. Namun dengan target penerimaan perpajakan tahun 2012 yang disepakati naik Rp13,2 triliun dari Rp1.019,3 triliun menjadi Rp1.032,6 triliun, pemerintah menganggap target itu tetap realistis.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, saat membacakan pendapat akhir pemerintah dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2011 menyatakan pemerintah akan menempuh berbagai langkah kebijakan strategis untuk mengamankan dan mengoptimalkan sasaran penerimaan perpajakan.

Beberapa langkah yang akan ditempuh pemerintah antara lain pertama, melaksanakan program Sensus Pajak Nasional. Kedua, penyempurnaan peraturan untuk menangani tax avoidance, transfer pricing, dan pengenaan pajak final.

Langkah ketiga adalah pembenahan internal aparatur dan sistem perpajakan. Keempat, kenaikan tarif cukai tembakau pada tahun 2012. "Rata-rata sebesar 12,2 persen," ujar Agus.

Menkeu menambahkan, upaya lain yang akan dilakukan pemerintah untuk mencapai target penerimaan negara adalah peningkatan akurasi penelitian nilai pabean dan klasifikasi barang impor serta peningkatan efektivitas pemeriksaan fisik barang.

Upaya lain adalah penyempurnaan implementasi Indonesia National Single Windows (INSW). "Terakhir, pengembangan otomatisasi pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai," tuturnya.

Sumber: VIVAnews

No comments:

Post a Comment