Thursday, April 19, 2012

Masih Banyak Masyarakat Malas Setor SPT Pajak

Jakarta - Sudah lakukan Sensus Pajak Nasional (SPN), tingkat kepatuhan wajib pajak rupanya hanya naik sedikit dibandingkan tahun lalu.

Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany menyebutkan pada masa penyerahan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi Tahun Pajak 2011 pada Maret lalu, sebanyak 8,7 juta SPT diterima Ditjen Pajak. Jumlah tersebut rupanya hanya naik sedikit jika dibandingkan tahun lalu.

"Angkanya yang aku dapat 8,7 juta lebih sedikit dari tahun lalu. Itu pribadi saja, kalau badan 30 April, naik tapi saya bilang lumayan sih tidak, naik sedikit," ujar Fuad saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Senin (16/4/2012).

Sebagai informasi, SPT PPh orang pribadi tahun pajak 2010, Ditjen Pajak mencatat jumlah SPT yang diserahkan mencapai 7,78 juta. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 30,02% dari periode tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut tercatat juga melampaui dari yang ditargetkan sebesar 25%. Hingga akhir Februari 2011, pemilik nomor pokok wajib pajak (NPWP) orang pribadi mencapai 17,11 juta.

Selain itu, Fuad menambahkan jumlah penerimaan pajak kuartal I tahun 2012 ini belum mencapai target, meskipun masih dalam perencanaan. Dia menyatakan jumlah tersebut sekitar Rp 165 triliun.

"Tadi data yang saya lihat Rp 165 triliun, tapi saya mau make sure dulu, soalnya mereka cuma bilang Maret, itu 31 atau kapan, tapi tadi yang sempat saya baca Rp 165 triliun dalam 3 bulan. on track sih tapi tidak melampaui target," pungkasnya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment