Sunday, October 31, 2010

Pajak Itu untuk Apa Sih?

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertanyaan itu muncul dari anak-anak yang sedang diberikan pengenalan terkait teknis kegiatan dalam dunia perpajakan. Pengenalan pajak untuk usia dini itu disampaikan oleh PT Aryam Indonesia (KidZania) kepada anak-anak.

Hal inilah yang tampak dalam wahana pendidikan dan hiburan KidZania di Estabilishment Tax Office of KidZania, Jakarta, Sabtu (30/10/2010).

Dalam ruang seluas 19,57 meter persegi ini, dua pendamping memberikan gambaran pemahaman dini mengenai pajak kepada setiap anak-anak. Anak-anak yang masuk dalam ruang representatif kantor pajak diberikan informasi dan pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pajak, profesi petugas pajak, dan juga diberikan arahan mengenai bagaimana cara mengisi NPWP dan proses pembuatan surat pajak tahunan (SPT).

Seorang pendamping di Estabilishment Tax Office, Widya, memberikan materi arti dan manfaat pajak kepada anak-anak.

"Biasanya sih, arti dan manfaat pajak dan kepanjangan dari NPWP," paparnya kepada Tribunnews.com.

Dengan pemberian bahasan tersebut, anak-anak dapat mengerti mengenai pajak dan bagaimana membayar pajak itu sendiri.

"Biar anak-anak yang di sini mengerti pajak itu, kita membayar pajak itu manfaatnya apa. Biar mereka tahu apa sih yang nantinya waktu mereka kerja bisa bayarkan pajak," urainya.

Mengenai pendapat orangtua dari anak-anak terhadap pemberian materi pajak, mereka mengatakan bahwa wahana ini baik dan positif. "Mereka tertarik karena pengin tahu arti pajak itu, pajak itu ngapain sih, itu menarik bagi mereka," kata dia.

Sebagai informasi, Estabilishment Tax Office of KidZania tergolong wahana yang ramai dikunjungi anak-anak.

Sumber: kompas.com

No comments:

Post a Comment