Thursday, October 28, 2010

Petugas perpajakan dituntut kuasai pengetahuan spesifik

JAKARTA: Wajib Pajak (WP) menuntut agar petugas Account Representative (AR) Direktorat Jenderal Pajak ke depannya dibekali dengan pengetahuan yang spesifik.

Direktur Keuangan & Corporate Secretary PT Tower Bersama Infrastructure (TBI) Tbk, Helmy Yusman Santoso, mengatakan selama ini pengetahuan yang dimiliki oleh petugas AR di KPP masih bersifat umum sehingga kurang memahami suatu industri secara spesifik.

"Kami mengusulkan kepada Ditjen Pajak agar petugas AR ini dibekali pengetahuan spesifik. Misalnya kalau tambang, dia harus paham masalah pertambangan, " katanya seusai acara aksi simpati pajak di kantor KPP Pratama Setiabudi I, hari ini.

Dia menjelaskan pengetahuan spesifik diperlukan dalam rangka mempermudah komunikasi dua arah antara petugas AR dan WP

Meski demikian, lanjutnya, pelayanan yang diberikan oleh petugas AR selama ini cukup memuaskan dan membantu WP dalam menjalankan kewajiban perpajakannya.

"Dahulu kita banyak pakai konsultan pajak, tapi sekarang dengan adanya AR, kita bisa langsung tanya ke KPP, masalah jadi tuntas," ujarnya.

AR adalah petugas yang ditempatkan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang telah melaksanakan Sistem Administrasi Modern. Petugas AR berkewajiban a.l. melaksanakan pengawasan kepatuhan kewajiban perpajakan, bimbingan dan imbauan kepada WP. Setiap AR mengawasi beberapa WP.

Sumber: bisnis.com

No comments:

Post a Comment