Thursday, January 20, 2011

Menkeu Rombak Pejabat Eselon I Besok Pagi

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, akan merombak beberapa pejabat di jajaran eselon I Kementerian Keuangan besok pagi.

"Akhirnya, setelah hampir sembilan bulan beberapa pos eselon satu dibiarkan kosong tanpa pejabat definitif, Menteri Keuangan besok pagi akan mengisi jabatan yang lowong itu," kata sumber VIVAnews.com yang dekat dengan Kementerian Keuangan.

Dia menjelaskan, perombakan itu selain pergeseran antar pejabat direktorat juga ada masuknya beberapa nama baru pada pos-pos tertentu.

Menurut sumber itu, yang sudah hampir pasti adalah Fuad Rahmany yang saat ini menjadi ketua Bapepam akan dilantik menjadi Dirjen Pajak, Heri Purnomo menjadi Dirjen Anggaran, Agus Supriyanto (Pjs Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF)) menjadi Dirjen Perbendaharaan, Bambang PS Brodjonegoro menjadi kepala BKF.

"Sedangkan posisi Pak Anggito Abimanyu yang akan menjadi Dirjen Bea Cukai tampaknya belum pasti," kata sumber tersebut.

Menurut salah satu pejabat di Kementerian Keuangan, pelantikan tersebut akan dilakukan pada Jumat pukul 09.00 di Gedung Kemenkeu. Hal itu sesuai dengan undangan yang diterimanya. "Undangannya, pelantikan eselon I," kata dia kepada VIVAnews.com di Jakarta, Kamis, 20 Januari 2011.

Seperti diketahui, kursi eselon I yang mengalami kekosongan pada kementerian penting tersebut antara lain: Pertama, Kepala Badan Kebijakan Fiskal yang dulu dijabat Anggito Abimanyu kini diisi Pjs Agus Supriyanto.

Menurut sumber VIVAnews.com, kursi ini akan diisi oleh mantan Dekan Fakultas Ekonomi UI Bambang PS Brodjonegoro.

Kedua, Dirjen Anggaran masih dirangkap Anny Ratnawati sejak dia menjabat sebagai wakil Menkeu.

Ketiga, Dirjen Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang dulu dijabat Mardiasmo kini dijabat pejabat sementara oleh Agus Supriyanto. Kabarnya posisi ini akan diisi oleh Marwanto Harjowiryono yang sekarang menjadi Executive Director Asian Development Bank di Filipina.

Keempat, Irjen Kementerian Keuangan yang dulu dijabat Hekinus Manau dijabat sementara oleh Hadi Rujito. "Kemungkinan yang akan menjabat pos ini adalah Sonny Loho, sekarang menjabat sebagai Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan."

Kelima, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan yang dulu dijabat I Made Gde Erata dijabat sementara oleh Permana Agung.

Sumber: VIVAnews

No comments:

Post a Comment