Sunday, March 20, 2011

RI Masih 'Pikir-pikir' Terapkan Tax Holiday

Jakarta, Pemerintah Indonesia masih pikir-pikir untuk menerapkan kebijakan terkait tax holiday. Pasalnya, pemerintah masih harus melakukan studi banding dengan negara lain di regional.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan saat ini kebijakan terkait tax holiday masih dalam tahap finalisasi. Hanya saja, lanjutnya, masih perlu pertemuan dengan pihak-pihak terkait, agar kebijakan tersebut bisa diterima dan dilaksanakan.

"Untuk tax holiday masih dalam finalisasi, sebetulnya formatnya sudah ada tapi perlu ada pertemuan koordinasi supaya bentuknya bisa dalam bentuk yang diterima," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (18/3/2011).

Namun, Agus Marto melihat kebijakan terkait insentif pajak tersebut perlu dibandingkan dengan kebijakan insentif pajak di negara lain yang sudah sangat kompetitif.

"Ternyata kita juga setelah mengkaji bersama-sama narasumber yang baik itu pelaksanaan tax insentif di negara regional kita itu cukup kompetitif,

Hal tersebut, lanjut Agus Marto, agar insentif pajak bisa bersaing dengan negara lain sehingga bisa berjalan efektif.

"Jadi kita gak mau kalau menawarkan suatu program yang ternyata program itu jika negara lain, negara lain lebih kompetitif, jadi selain kita lihat Indonesia, bagaimana membangun industri yang lebih baik di Indonesia, bagaimana memiliki sistem keuangan yang kuat tapi juga harus realistis melihat regional," tandasnya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment