Tuesday, August 16, 2011

Agus Marto: Target Pajak Rp 1.000 Triliun Bukan Mimpi

Jakarta, Menteri Keuangan Agus Martowardojo merasa yakin target penerimaan pajak sebesar Rp 1.019,3 triliun di 2012 akan tercapai. Sensus pajak jadi satu program andalan pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Agus saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2011).

"Oh tidak (mimpi). Kita harus upayakan itu (target pajak) tercapai. Penerimaan pajak di 2012 ditargetken sekitar Rp 1.000 triliun," jelas Agus.

Agus mengatakan, tahun depan target penerimaan negara dalam APBN bakal dinaikkan 10,5%. Sedangkan target belanja negara naik 7,4%.

"Jadi penerimaan negaranya lebih besar pertumbuhannya. Deltanya itu lebih besar dibandingkan belanja negaranya. Kemudian kita lihat defisitnya dibanding APBN 2011 turun dari 2,1 jadi 1,5%," katanya.

Kemudian, lanjut Agus, pemerintah menargetkan penerimaan negara dalam APBN 2012 sebesar Rp 1.292 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar 79% bakal berasal dari penerimaan pajak.

"Kita upayakan mencapai itu (target) dan jika komitmen nasional yang dimulai dengan sensus pajak pada September kita harus berupaya itu tercapai. Karena kita lihat anggaran 2012 itu defisitnya turun. Komitmen pemerintah menuju anggaran berimbang akan dilaksanakan," tuturnya.

Pemerintah memang berkomitmen untuk menekan defisit anggaran tahun depan. Karena saat ini seluruh dunia memperhatikan besaran defisit anggaran setiap negara.

"Banyak negara bermasalah defisitnya itu mencapai 10%. Nah ini kita harapkan bisa disetujui defisit 1,5% oleh dewan. Ini adalah sesuatu yang baik," tukas Agus.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment