Thursday, September 29, 2011

Dirjen : Sensus Pajak Jadi Program Tahunan

Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Fuad Rahmany akan menetapkan sensus pajak sebagai program tahunan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Hal ini sebagai bentuk program ekstensifikasi dalam menjaring wajib pajak dan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Tahunan sebanyak-banyaknya.

"Akan kontinyu, ini akan bagian dari pekerjaan Ditjen Pajak, ekstensifikasi. Ektensifikasi yang pro aktif untuk mendatangi wajib pajak," ujarnya di Jakarta, Minggu (18/9/2011).

Menurut Fuad, program sensus pajak yang dimulai pada akhir September ini, baru bisa dinikmati hasilnya tahun depan. Saat masa pengumpulan SPT PPh tahun 2011.

"Sensus itu mungkin 2012 baru ada hasilnya. Akhir September ini akan mulai, semua, kita rata. WP (wajib pajak) badan dan WP orang pribadi. Jumlahnya besar sekali WP-nya, kita pergi ke tempat potensial, mudah diakses. Tidak pakai target, sensus jalan terus, semaksimal mungkin," ujarnya

Nantinya, lanjut Fuad, bila sensus tersebut ternyata membawa dampak signifikan bagi penerimaan negara maka akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

"Sampai akhir tahun 2012, kalau nanti dirasakan perlu dilanjutkan ya akan dilanjutkan lagi. sensus akan berlangsung terus, sepanjang tahun depan," pungkasnya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment