Tuesday, January 10, 2012

Dirjen: Demi Keadilan, UKM Juga Ditarik Pajak

Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak akan terus menarik pajak dari pengusaha kecil atau UKM demi keadilan. Meski jumlah pajaknya kecil, namun banyaknya pengusaha UKM bakal menyumbang penerimaan pajak secara signifikan.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Pajak Fuad Rahmany dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/1/2012).

"UKM ini sektor yang selama ini belum tergali pajaknya. Tapi jangan bayangkan tukang bakso, asongan, itu mikro. Ini toko-toko kecil, yang ada di Harco, Mangga Dua, toko kecil tapi omzetnya besar. Akan kita lakukan pembinaan, insentif perpajakan, kita beri kemudahan bayar pajak sehingga mereka perlu bayar pajak. Itu tidak besar tapi jumlah mereka banyak," jelas Fuad.

Fuad menegaskan, Ditjen Pajak akan mengejar pajak para pengusaha UKM untuk memenuhi sisi keadilan sebagai warga negara yang wajib membayar pajak.

"Kenapa UKM ini diintensifkan, ini masalah keadilan karena kita ingin dalam pengumpulan pajak, keadilan sangat penting, buruh-buruh pabrik, gajinya kecil tapi sudah bayar pajak, karena mereka sektor formal, jadi sudah dipotong PPh Pasal 21 oleh majikannya, padahal mereka gajinya tidak besar," tegas Fuad.

Dengan demikian, Fuad mengharapkan target penerimaan pajak sebesar Rp 1.032,6 triliun pada tahun ini dapat tercapai. Selain melalui ekstensifikasi dari sektor pertambangan dan migas.

"Insya Allah bisa kita capai, saya tidak janji, tapi kerja keras untuk mencapainya," pungkasnya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment