Saturday, September 8, 2012

Tak Mau BC Ketinggalan, Kemenkeu Rekrut 700 CPNS

Jakarta - Kementerian Keuangan pada hari ini menyelenggarakan tes penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) walaupun pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri perihal moratorium PNS hingga 2012 berakhir.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan moratorium PNS tetap berjalan hingga akhir 2012 sesuai aturannya. Namun dalam aturan itu dijelaskan setiap lembaga negara ataupun pemerintah daerah diperbolehkan menerima PNS asal mengajukan satu analisa beban kerja untuk instasi terkait tentang bagaimana perencanaan beban kerjanya.

Sedangkan untuk kebutuhan beban kerja Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini sangat tinggi mengingat pada 2012 sekitar 2.000 pegawai Kemenkeu memasuki usia pensiun. Padahal Kemenkeu membutuhkan tenaga pegawai untuk meningkatkan kinerja Kementerian.

“Kami telah mengajukan analisa beban kerja kepada Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara” kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Jakarta, Sabtu 8 September 2012.

Agus Marto menjelaskan kementerian Keuangan saat ini membutuhkan pegawai sebanyak 700 orang yang terdiri dari 400 pegawai D1-D3 untuk anak buah kapal bea cukai dan 300 orang Sarjana untuk ditempatkan sebagai analis kimia laboratorium di bea cukai.

“Jumlah peserta yang mendaftar mencapai 14.000 orang nanti akan kita rekrut 700 orang dan akan diangkat pada November-Desember 2012 mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan beban kerja Bea Cukai saat ini sangat tinggi, untuk itu Kemenkeu perlu melakukan seleksi CPNS. Jika dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia kekurangan pegawai Bea Cukai dan Pajak.

“Pegawai bea cukai dan pajak ada 30.000, Bea cukai 13.000 pegawai. Tetapi kita dibandingkan negara tetangga bahwa jumlahnya kurang. Supaya kita menjalankan fungsi dengan baik, karena kita perlu banyak penjagaan,” kata Agus.

Sumber: VIVA.co.id

No comments:

Post a Comment