Wednesday, December 26, 2012

4 Sektor Pajak Sumbang PAD Depok Terbesar

DEPOK - Pemerintah kota Depok mengungkapkan pendapatan dari sektor pajak pada 2012 meningkat 25 persen dibanding tahun lalu. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Depok tahun ini total terealisasi Rp400 miliar, meningkat dari tahun lalu yakni Rp357 miliar.

Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Aset (DPPKA) Kota Depok menargetkan tahun depan meningkat hingga Rp500 miliar. Peningkatan tersebut didominasi oleh pajak daerah.

Ketua DPRD Kota Depok Rintisyanto mengatakan, selama tiga tahun terakhir, tingkat kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak meningkat. Terbukti dari angka PAD yang terus meningkat.

"Selama tiga tahun terakhir, tingkat kesadaran para wajib pajak di Depok sungguh sangat luar biasa perbedaannya," ujarnya, di Cibubur, Depok, Senin (17/12/2012).

Rintis mengungkapkan terdapat empat sektor pajak yang menyumbang PAD terbesar. Karena itu, kata dia, seluruh wajib pajak didorong untuk memiliki kesadaran tinggi membayar pajak tepat waktu.

"Kebanyakan dan yang terbesar dari pajak hotel, pajak restoran, PBB dan BPHTB, empat sektor pajak itu yang menjadi pemasukkan terbesar," paparnya.

Rintis mengaitkan sektor pajak mampu menyokong pendidikan. Menurutnya, Depok belum mampu seperti DKI Jakarta yang menggratiskan pendidikan karena sektor pajak dan kesadaran wajib pajak masih kurang.

"Di DKI pendidikan gratis hingga SMA, di Depok tidak semuanya gratis, belum sampai tahapan gratis seperti di DKI, karena kemampuan anggaran yang harus didorong dari sektor pajak," tukasnya.

Sumber: okezone.com

No comments:

Post a Comment