Wednesday, December 26, 2012

Penurunan PPN & PPh Tambang karena Ekonomi Global

JAKARTA - Anjloknya penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) pada sektor pertambangan tahun ini diklaim bukan karena menurunnya produksi. Penurunan pendapatan dari sektor ini diklaim karena pengaruh ekonomi global dan konflik sosial.

Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mengatakan, saat ini memang ada penurunan dalam penerimaan sektor tambang. Namun, dia tidak dapat merinci penyebab penurunan tersebut.

"Yang kita lihat bukan karena faktor harga saat ini, harga ada koreksi tetapi (diimbangi) yang ada karena produksi. Jadi itu mungkin yang bisa saya sampaikan," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Agus mengatakan, jika dibandingkan dengan penerimaan tahun lalu, memang bertumbuh. "Tapi kita tidak ingin mengungkapkan ini terlebih dahulu karena nanti akan memberikan persepsi yang salah," tambah dia.

Dia melanjutkan, saat ini pemerintah bukannya tidak memberikan keringanan terhadap sektor tersebut. Dia mengatakan untuk insentif fiskal, banyak sekali diberikan. "Dapat, tapi tidak dipakai," tukas dia.

Sumber: okezone.com

No comments:

Post a Comment