Monday, November 3, 2014

Jawab Keheranan Jokowi, Menkeu Bambang: Petugas Pajak Masih Semangat Kejar Setoran

Jakarta -Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro kemarin mengumpulkan para Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) dengan penerimaan terbesar se Indonesia. Ada 18 kanwil dengan 180 petugas pajak hadir dalam pertemuan tersebut.

Bambang mengakui, sisa dua bulan pada tahun ini memang sulit untuk mengejar target penerimaan pajak yang sebesar Rp 1.072,38 triliun. Namun dalam pertemuan tersebut, Ia melihat masih ada komitmen para petugas untuk mencapainya.

"Cukup optimis, bahwa semangat petugas pajak masih tinggi untuk mencapai penerimaan," ungkapnya di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Senin malam (3/11/2014)

Ada beberapa kanwil, kata Bambang menyanggupi penerimaan pajak dapat terealisasi sampai dengan 100%. Namun, tidak sedikit juga yang dirasa sulit dan hanya mampu merealisasikan 90-95% dari target.

"Beberapa kanwil berani 100%. Tapi kan nggak semua kanwil sama tantangannya. Jadi 90-95% itu bisa dimaklumi asalkan dengan alasan yang kuat," sebutnya.

Diperkirakan sebelumnya, realisasi penerimaan pajak hanya mencapai 93% dari target. Meskipun akan terus diupayakan berbagai cara yang mampu menggenjot penerimaan.

Dalam pertemuan tersebut juga sekaligus dibahas upaya untuk mencapai target pajak di 2015 yang sebesar Rp 1.113 triliun. Capaian target menjadi penekanan kepada para petugas pajak dari setiap kantor wilayah.

"Artinya ada yang jangka pendek untuk dua bulan ini dan ke depannya," tegas Bambang.

Pemerintah pusat akan menyediakan kebutuhan yang diperlukan oleh para petugas. Seperti dari sisi regulasi hingga ketersediaan data dan informasi.

"Jadi saya langsung meminta komitmen dari kanwil supaya mereka melakukan best effort," tukasnya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment