Sunday, December 14, 2014

Telusuri Harta Orang Indonesia di Negeri Jiran, Menkeu Terbang ke Singapura

JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro akan bertolak ke Singapura pada Senin (15/12/2014) untuk bertemu dengan Menteri Keuangan Singapura. Keduanya akan membicarakan tentang kesepakatan yang dicapai di forum G-20 tentang Automatic Exchange Information.

"Intinya kita mau minta Singapura terapkan kesepakatan di G-20 namanya Automatic Exchange Information soal mempermudah kita untuk mencari data orang Indonesia di Singapura. Kalau mereka mau minta data orang mereka di Indonesia juga kita kasih," kata dia sata berkunjung ke kantor Kompas Gramedia, Jumat petang (12/12/2014).

Menurut Bambang, saat ini uang orang Indonesia yang disimpan di Singapura sangat besar. Direktur Utama PT Bank Mandiri Budi G Sadikin sebelumnya pernah mengatakan, jumlah uang orang Indonesia yang dititipkan di bank di Singapura semakin besar.

Dana orang-orang kaya Indonesia secara individu sebanyak 150 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 1.500 triliun. “Itu hampir sama dengan APBN Indonesia tahun lalu,” kata dia kepada wartawan, di sela-sela Seminar Mendorong BUMN Go International, Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Itu pun belum termasuk tabungan korporasi atau perusahaan. Budi bilang, jika ditambahkan dengan nasabah korporasi, maka nilainya mencapai sekitar 300 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 3.000 triliun.

Sumber: kompas.com

No comments:

Post a Comment