Sunday, October 11, 2015

Curhat 'si Cantik' Maia Estianty Tertipu Konsultan Pajak

Jakarta - Jarang-jarang mendengar artis curhat soal pajak. Ini terjadi pagi ini, saat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kanwil Jakarta Selatan mengadakan pertemuan dengan sejumlah wajib pajak termasuk para artis. Tujuannya adalah untuk melakukan sosialisasi soal program pembinaan wajib pajak atau sunset policy.

Acara ini dilakukan di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (12/10/2015) mulai pukul 10.30 WIB. Ada 131 wajib pajak, termasuk atis yang hadir. Dirjen Pajak, Sigit Priadi Pramudito.

Maia Estianty, seorang penyanyi ternama, di depan Sigit mengatakan dirinya merupakan seorang pembayar pajak yang patuh. Namun dia sempat berkeluh kesah soal jasa konsultan pajak yang justru sering bersikap nakal.

"Saya alami problem dulu dengan konsultan pajak, mereka suka nakal, bukan suka, sering nakal malah. Ada nakal konsultan pajak yang saya sewa. SPT sudah disetor tapi tidak dibayar. Maka saya putuskan datang langsung ke kantor pajak Kebayoran Lama Jaksel. Saya disambut baik AR (account representative) dengan sangat baik. Semua baik malah, saya sebagai warga negara tidak merasa ngeri datang ke kantor pajak," papar Maia.

Dia mengatakan, saat memeriksa pembayaran pajaknya, mantan istri Ahmad Dhani itu menemukan banyak yang tidak beres. Karena itu dia memanfaatkan fasilitas sunset policy yang diberlakukan Ditjen Pajak pada tahun ini.

"Sebagai artis kami kurang adanya info edukasi pajak, kami tidak kerja di kantor yang dipotong pajaknya sama kantor. Jadi blank sama pajak, selama ini urusan pajak mengandalkan sama konsultan, tapi sama konsultan pajak malah dimakan sama konsultan. Tinggal datang samperin doang kok ke kantor pajak, tidak repot sebenarnya," jelas biduan cantik itu.

Kepala Kanwil Ditjen Pajak Jaksel, Bambang Tri Muljanto mengatakan, tahun ini ada program sunset policy, yaitu Wajib pajak diberikan kesempatan untuk melaporkan dan membetulkan pengisian Surat Pemberitahuan (SPT), serta membayar tunggakan pajak dalam lima tahun terakhir tanpa diberi sanksi.

"Kami hapuskan sanksi pembetulan SPT tahun ini, mau berapa pun pokoknya sampai 31 Desember," jelas Bambang.

Tak hanya Maia, artis lainnya, yaitu Ramzi, juga curhat soal konsultan pajak. Ramzi yang tak mau pusing mengurus pajak dengan menyewa konsultan, malah kena tipu.

"Akhirnya sampai saya dapat surat cinta dari kantor pajak Jaksel. Akhirnya saya ngobrol sama teman dan istri saya, selama ini kan pajak beres menurut saya, artis dapat itu surat dari pajak parno (paranoid) saja deh rasanya," jelas Ramzi.

"Tidak ada urusan sama konsultan pajak. Tidak mau pusing lagi, tinggal datang saja langsung ke kantor pajak. Kita dibantu sesuai domisili kita," kata Ramzi.

Sumber: detik.com

No comments:

Post a Comment