Wednesday, March 16, 2016

Kisah Aki Mad'i, Petani Ikan yang Berperahu demi Bayar Pajak Rp 5 Ribu

Purwakarta - Nama Aki Mad'i mendadak menjadi primadona di lingkungan wajib pajak di Kabupaten Purwakarta. Dia bukan seorang pengusaha mentereng atau politisi ternama, dia hanyalah seorang petani ikan tradisional yang ternyata taat membayar pajak setiap bulannya.

Aki Mad'i adalah seorang petani ikan jaring apung di Waduk Jatiluhur. Warga Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani itu memiliki empat jaring terapung yang diisi oleh ikan emas, ikan nila, dan ikan jambal.

Rata-rata, kakek berumur 67 tahun itu bisa meraup untung dari hasil panen ikan sebesar Rp 1 juta per bulan. Uang tersebut biasa digunakan untuk kehidupan sehari-hari bersama istrinya. Sementara tiga anaknya telah dewasa dan hidup terpisah.

"Setiap bulan saya bayar pajak Rp 5 ribu ke kantor pos. Lokasi kantor pos-nya di seberang Waduk Jatiluhur, jadi ke sana harus pakai perahu 30 menit," jelas Aki Mad'i kepada detikcom saat ditemui dalam acara Pekan Panutan Perpajakan Tahun 2016 di Pendopo Purwakarta, Rabu (16/3/2016).

Aki Mad'i mengungkapkan, meski berpenghasilan pas-pasan dan uang yang disetorkan kecil tak sebanding dengan perjuangannya ke kantor pos namun dia menyadari bahwa membayar pajak adalah kewajiban warga Indonesia yang berpenghasilan.

Dia mengajak warga lainnya mengikuti jejaknya taat membayar pajak. "Kita ikuti imbauan pemerintah untuk taat bayar pajak. Itu semua untuk pembangunan kita di Purwakarta maupun semua Indonesia," ucapnya.

Kegigihan Aki Mad'i dalam membayar pajak mendapat apresiasi dari Kanwil Pajak Purwakarta. Secara khusus dia menjadi ikon dan pemeran utama dalam film sosialisasi wajib pajak berbahasa Sunda dengan menampilkan kesehariannya dari mulai bertani ikan hingga perjuangannya membayar pajak ke kantor pos.

Selain itu Aki Mad'i mendapat apresiasi dari Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, berupa bantuan modal usaha sebesar Rp 25 juta. "Ini bentuk apresiasi kami bahwa di Aki Mad'i telah jujur dan bayar pajak," tukas Dedi saat memberi sambutannya di acara tersebut.

Sumber: detik.com

No comments:

Post a Comment