Thursday, April 20, 2017

10 Juta Wajib Pajak Lapor SPT, 80% Lewat Online

Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memastikan hari ini, Jumat (21/4/2017) merupakan hari terakhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak PPh periode 2016 bagi wajib pajak (WP) pribadi. Sementara untuk WP badan akan berakhir pada 30 April nanti.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, jumlah yang telah melaporkan SPT sebesar 10 juta WP, dari jumlah itu sebanyak 80% atau 8 juta WP melaporkannya lewat elektronik alias online.

"Sampai sekarang yang melapor SPT sudah 10 juta WP, lebih tepatnya sekitar 10.380.000. Dari jumlah rupanya 80% sudah pakai online," kata Hestu kepada detikFinance, Jumat (21/4/2017).

Dari jumlah WP yang sudah melapor itu, sebanyak sekitar 300.000 merupakan WP badan. Sementara untuk jumlah WP keseluruhan, baik pribadi maupun badan, saat ini tercatat 22 juta WP.

Pelaporan yang sudah lebih banyak dengan online ini membuat kantor pajak tak seramai tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, waktu berakhirnya pelaporan SPT WP pribadi juga diundur dari tangga 31 Maret menjadi tanggal 21 April 2017.

"Kalau sudah banyak yang online, petugas pajak di kantor juga tidak kerepotan dengan antrean. Kita apresiasi masyarakat sudah mau pakai e-filing, kami petugas pajak juga nyaman," ujar Hestu.

Dia menyarankan, bagi yang belum lapor, WP yang sudah memiliki pin e-filing untuk menyelesaikan pelaporan SPT mereka secara online hari ini juga. Batas waktunya pun bisa dilakukan sampai bergantinya hari pada pada pukul 24.00 WIB nanti.

"Lebih baik dengan e-filing karena tidak terbatas waktu buka kantor pajak dan bisa dilakukan di mana pun," pungkas Hestu.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment