Monday, July 11, 2011

Dirjen: Jangan Khawatir Disensus, Pegawai Pajak Tak Akan Memeras

Jakarta - Dirjen Pajak Fuad Rahmany meminta masyarakat sebagai wajib pajak tak usah resah dengan rencana sensus pajak. Para aparat pajak yang akan melakukan sensus dijamin tidak akan melakukan pemerasan.

"Jangan khawatir sekarang nggak ada lagi pemerasan oleh aparat pajak. Yang penting masyarakat harus bisa membedakan antara oknum dan pegawai pajak," kata Fuad kepada detikFinance, Rabu (6/7/2011).

Fuad sebelumnya mengatakan sensus pajak akan dilakukan untuk wajib pajak individu dan badan. Namun untuk tahap pertama, aparat pajak bakal menyambangi wajib pajak badan.

"Tujuannya untuk membuat semakin banyak wajib pajak yang bayar pajak karena kita selama ini masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak bayar pajak," tuturnya.

Fuad mengatakan, aparat pajak juga akan mendatangi toko-toko dan mempertanyakan apakah toko tersebut sudah taat pajak. Jadi tujuan akhirnya adalah agar seluruh wajib pajak melakukan kewajibannya menyerahkan SPT.

"Kita punya data-data dan kita meminta untuk meningkatkan kepatuhannya. Jadi sensus pada dasarnya akan ditindaklanjuti dengan mengimbau wajib pajak untuk meningkatkan kepatuhan mereka dalam membayar pajak," katanya.

Nanti dalam sensus ini, para aparat pajak tak hanya melakukan imbauan terhadap wajib pajak yang belum patuh, tapi juga melakukan penyuluhan sehingga para wajib pajak mengerti kewajibannya.

Dia berjanji aparatnya yang melakukan sensus tak akan melakukan pemerasan terhadap wajib pajak yang belum membayarkan pajaknya dengan benar.

"Pegawai pajak yang beneran tidak akan melakukan pemerasan," katanya.

Sumber: detikFinance

No comments:

Post a Comment